MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN INDOFOOD
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
PERUSAHAAN INDOFOOD
Nama :
Vina Vernita
Kelas :
2KA17
NPM :16117428
SERVICE STRATEGY
Perusahaan indofood termasuk dalam perusahaan manufaktur , yaitu perusahaan
yang mengolah bahan mentah hingga berubah menjadi barang yang sudah siap untuk
dipasarkan. Semua proses yang terjadi di industri ini umumnya melibatkan
berbagai peralatan modern.
Dan tersedia di mana saja seperti pasar
maupun supermarket. Dan sekarang ini indofood sudah banyak di kenal banyak
orang sebagai perusahaan yang berhasil dan terkemuka di segala kategori
bisnisnya. Perusahaan indofood juga memiliki visi, misi dan nilai di perusahaan
nya.
Visi, Misi dan Nilai Perusahaa indofood
Visi
·
Perusahaan Total Food Solutions
Misi
·
Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara
berkelanjutan
·
Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan,
proses produksi dan teknologi kami
·
Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan
masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
·
Meningkatkan stakeholders’ values secara
berkesinambungan
Nilai
“Dengan disiplin sebagai falsafah hidup; Kami
menjalankan usaha kami dengan menjunjung tinggi integritas; Kami menghargai seluruh
pemangku kepentingan dan secara bersama-sama membangun kesatuan untuk
mencapai keunggulan dan inovasi yang berkelanjutan.”
SERVICE DESIGN
Karna
indofood adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pegolahan makanan, Indofood
juga mempunyai jaringan distribusi terbesar di Indonesia. Yang produk terbesar
itu adalah produksi mie instan . Posisi dominan Indofood pada pasar mi instan
tidak diragukan lagi, dengan menguasai pangsa pasar lebih dari 80%. Secara
teoretis suatu pelaku usaha yang menguasai pangsa pasar 80% tidak saja dapat
dikatakan mempunyai posisi dominan, tetapi juga telah memonopoli pasar yang
bersangkutan.
SERVICE TRANSITION
Perusahan indofood melakukan penerimaan pegawai nya itu dengan
dua cara yaitu secara internal dan eksternal. Pada cara internal, apabila
perusahaan membutuhkan suatu jabata tertentu, maka menentukan nya dengan
melihat potensi yang di milik pegawai itu dan akan mempromosi jabatan nya. Sedangkan
pada cara eksternal, dimana HRD akan merekrut SDM dari luar yang bermutu dengan
spesifikasi pekerjaan yang dibutuhkan melalui kantor Departemen Tenaga Kerja,
iklan, Biro Konsultasi, atau dengan pemasangan pengumuman di lingkungan
perusahaan.
SERVICE OPERATION
Dalam dua dekade terakhir, PT
Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood”) telah bertransformasi menjadi sebuah
perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup
seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan
bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini Indofood
dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori
bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh
manfaat dari ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari lima Kelompok Usaha
Strategis (”Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut:
1.
Produk Komsumen Bermerek
Kegiatan operasional Grup CBP
dijalankan oleh ICBP, entitas anak Indofood yang sahamnya tercatat di BEI. Grup
CBP memproduksi dan memasarkan beragam produrk konsumen bermerek yang
menawarkan solusi praktis bagi konsumen di segala usia. Sebagian besar
merek-merek produk Grup CBP merupakan pemimpin pasar dan memiliki status
top-of-mind di masing-masing kategori produknya, serta telah meraih kepercayaan
dan loyalitas dari jutaan konsumen selama beberapa dekade.
·
Mie instan =
Mi
Instan merupakan salah satu produsen mi instan terbesar di dunia dan menjadi
pemimpin pasar di Indonesia. Divisi ini memproduksi dan memasarkan produk mi
telur, serta beragam pilihan mi instan dalam berbagai kemasan dan merek, dimana
masing-masing mereknya ditujukan untuk segmen pasar yang berbeda.
·
Daily =
Dairy dijalankan oleh Indolakto, anak perusahaan tidak langsung ICBP, dan
merupakan salah satu produsen produk dairy terkemuka di Indonesia, dengan total
kapasitas produksi lebih dari 600 ribu ton per tahun. Divisi ini memproduksi
dan memasarkan beragam produk seperti susu kental manis (“SKM”) dan krimer,
susu ultrahigh temperature (“UHT”), susu steril dalam botol, susu pasteurisasi,
minuman lactic acid, susu bubuk, es krim dan mentega.
·
Makanan ringan =Makanan
Ringan terdiri dari dua unit usaha, yakni makanan ringan dan biskuit. Unit
usaha makanan ringan dijalankan oleh perusahaan patungan dengan Fritolay
Netherlands Holding B.V., yang merupakan afiliasi dari PepsiCo, yang
memproduksi makanan ringan moderen dan makanan ringan tradisional yang
dimodernisasi berbahan dasar kentang, singkong, tempe, ubi ungu dan
jagung, serta beragam produk extruded snack.
·
Penyedap makanan = Divisi Penyedap Makanan memproduksi berbagai
macam produk kuliner, seperti kecap, saus sambal, saus tomat, instant seasoning
pastes untuk kebutuhan Grup Indofood. Produk-produk kuliner tersebut dipasarkan
dengan berbagai merek, seperti Indofood dan Indofood Racik. Selain itu, Divisi
Penyedap Makanan juga memproduksi dan memasarkan produk sirup dengan merek
Indofood Freiss, bubur instan dengan merek Buburia, dan makanan
ready-to-eat dengan merek Chef Cuisine.
·
Nutrisi & Makanan Khusus = Nutrisi & Makanan Khusus merupakan
salah satu pemain terkemuka di industri makanan bayi di Indonesia. Divisi ini
memproduksi dan memasarkan berbagai makanan khusus dengan kandungan nutrisi
yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, balita, anak-anak, serta ibu hamil
dan menyusui. Ragam produknya meliputi bubur, biskuit, puding danrice puff
untuk bayi dan balita, cereal snackuntuk anak-anak, minuman sereal untuk anak-anak
dan keluarga, serta berbagai pilihan produk susu untuk ibu hamil dan menyusui.
Produk-produk ini dipasarkan dengan merek Promina, SUN, Govit dan GoWell untuk
konsumen dari berbagai segmen pasar.
·
Minuman = Minuman memproduksi beraneka ragam produk termasuk minuman teh dan kopi
siap minum, AMDK dan minuman rasa buah, yang dipasarkan dengan menggunakan
merek Ichi Ocha, Caféla, Club dan Fruitamin. Divisi Minuman juga menjadi
exclusive bottler untuk produk-produk PepsiCo, yaitu minuman berkarbonasi dan
minuman energi dengan merek Pepsi dan Sting.
·
Kemasan = Terakhir, Kemasan memproduksi kemasan fleksibel dan kemasan karton guna mendukung
kegiatan operasional Grup dan para pelanggan pihak ketiga. Divisi Kemasan
memegang peranan penting dalam mendukung seluruh mata rantai kegiatan
operasional Indofood sebagai perusahaan Total Food Solutions.
2.
Bogasari
Sebagai produsen tepung terigu terintegrasi terbesar di
Indonesia, Bogasari mengoperasikan empat pabrik penggilingan tepung terigu di
Jakarta, Surabaya, Cibitung dan Tangerang dengan total kapasitas produksi per
tahun sekitar 3,9 juta ton. Berbagai produk tepung terigu dipasarkan dengan
merek-merek yang sudah mapan, seperti Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru,
dan Lencana Merah, sedangkan produk tepung premix menggunakan merek Chesa.
Bogasari juga memproduksi pasta untuk pasar dalam negeri maupun ekspor dengan
menggunakan merek La Fonte.
Kegiatan operasional Bogasari didukung oleh unit perkapalan
yang terdiri dari lima kapal post panamax, lima kapal handy/supramax dan dua
kapal ultramax untuk mengangkut bahan baku gandum dari Australia, Kanada dan
Amerika Serikat. Grup Bogasari juga memproduksi kantong degradable
polypropylene untuk mendukung kebutuhan kantong kemasan Bogasari
·
Terigu
·
Pasta
3.
Agribisnis
Grup Agribisnis merupakan salah satu grup agribisnis
terbesar yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal di Indonesia.
Kegiatan utamanya meliputi seluruh mata rantai pasokan, dari penelitian dan
pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit,
hingga produksi serta pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening.
Grup Agribisnis juga melakukan pembudidayaan komoditas tebu, karet dan tanaman
lainnya.
4.
Distribusi
Grup Distribusi merupakan aset strategis dan bagian penting
dari kegiatan operasional Indofood yang terintegrasi secara vertikal. Jaringan
distribusinya yang luas memastikan ketersediaan produk-produk Indofood dan
pihak ketiga di seluruh Indonesia. Dengan memiliki sekitar 1.300 distribution/stock
point yang berada di lokasi yang padat dengan outlet ritel untuk melayani baik
outlet ritel tradisional maupun moderen, Grup Distribusi senantiasa dapat
melayani konsumen serta memperoleh informasi perkembangan pasar dengan cepat.
Merek Produk yang ada di perusahaan indofood
·
Mie Instan
v
Indomie
v
Supermie
v
Sarimi
v
Sakura
v
Pop mie
v
Pop bihun
v
Mie telur cap kaki tiga
·
Daily
v
Indomilk
v
Cap enak
v
Tiga sapi
v
Kremer
v
Orchid butter
v
Indoeskrim
v
Milkuat
·
Makanan Ringan
v
Chitato
v
Qtela
v
Jets
v
Cheetos
v
Chiki
v
Lays
v
Doritos
v
Dan lain lain
·
Penyedap Makanan
v
Indofood bumbu racipk
v
Indofood kecap manis
v
Sambal indofood
v
Kecap piring lombok
Dan produk lain nya , Anda bisa cek disini https://www.indofood.com/product/food-seasonings
CONTINUAL SERVICE
IMPROVEMENT
Perusahaan Indofood dalam memasarkan produk mereka adalah
concentric Diversfication Strategi. Dengan menambahkan produk yang baru tapi tetap
ada saling keterkaitan satu sama lain. Juga strategi menghadapi persaingan
dengan perusahaan yang serupa atau yag berbeda, indofood akan menerapkan
strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Srategi ini fokus pada
organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span,
dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost
cutting. t memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span,
dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost
cutting. Tapi walaupun begitu mereka telah melanjutkan segmentasi para
konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk denganhigher price and higher
margin. Selain itu dilakukan diversifikasi harga dengan merubah bentuk dan
rasanya. Selain itu Indofood juga
menerapkan strategi Penetrasi Pasar, yaitu berusaha untuk meningkatkan pangsa
pasar. Dalam strategi Indofood telah memperbanyak tenaga penjual, menambah
biaya advertising (melalui iklan di Televisi, majalah, dan surat kabar), menawarkan
promosi penjualan ekstensif, dan meningkatkan publikasi.
PUSTAKA
Komentar