MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN INDOFOOD

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN INDOFOOD
Nama             : Vina Vernita
Kelas              : 2KA17
NPM              :16117428


SERVICE STRATEGY
Perusahaan indofood termasuk dalam perusahaan manufaktur , yaitu perusahaan yang mengolah bahan mentah hingga berubah menjadi barang yang sudah siap untuk dipasarkan. Semua proses yang terjadi di industri ini umumnya melibatkan berbagai peralatan modern.  Dan tersedia di mana saja seperti pasar maupun supermarket. Dan sekarang ini indofood sudah banyak di kenal banyak orang sebagai perusahaan yang berhasil dan terkemuka di segala kategori bisnisnya. Perusahaan indofood juga memiliki visi, misi dan nilai di perusahaan nya.
Visi, Misi dan Nilai Perusahaa indofood
Visi
·         Perusahaan Total Food Solutions
Misi
·         Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan
·         Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami
·         Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
·         Meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan
Nilai
“Dengan disiplin sebagai falsafah hidup; Kami menjalankan usaha kami dengan menjunjung tinggi integritas; Kami menghargai seluruh pemangku kepentingan dan secara bersama-sama membangun kesatuan untuk mencapai keunggulan dan inovasi yang berkelanjutan.”
SERVICE DESIGN
                Karna indofood adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pegolahan makanan, Indofood juga mempunyai jaringan distribusi terbesar di Indonesia. Yang produk terbesar itu adalah produksi mie instan . Posisi dominan Indofood pada pasar mi instan tidak diragukan lagi, dengan menguasai pangsa pasar lebih dari 80%. Secara teoretis suatu pelaku usaha yang menguasai pangsa pasar 80% tidak saja dapat dikatakan mempunyai posisi dominan, tetapi juga telah memonopoli pasar yang bersangkutan.
SERVICE TRANSITION
Perusahan indofood melakukan penerimaan pegawai nya itu dengan dua cara yaitu secara internal dan eksternal. Pada cara internal, apabila perusahaan membutuhkan suatu jabata tertentu, maka menentukan nya dengan melihat potensi yang di milik pegawai itu dan akan mempromosi jabatan nya. Sedangkan pada cara eksternal, dimana HRD akan merekrut SDM dari luar yang bermutu dengan spesifikasi pekerjaan yang dibutuhkan melalui kantor Departemen Tenaga Kerja, iklan, Biro Konsultasi, atau dengan pemasangan pengumuman di lingkungan perusahaan.
SERVICE OPERATION
Dalam dua dekade terakhir, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood”) telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh manfaat dari ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari lima Kelompok Usaha Strategis (”Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut:
1.       Produk Komsumen Bermerek
Kegiatan operasional Grup CBP dijalankan oleh ICBP, entitas anak Indofood yang sahamnya tercatat di BEI. Grup CBP memproduksi dan memasarkan beragam produrk konsumen bermerek yang menawarkan solusi praktis bagi konsumen di segala usia. Sebagian besar merek-merek produk Grup CBP merupakan pemimpin pasar dan memiliki status top-of-mind di masing-masing kategori produknya, serta telah meraih kepercayaan dan loyalitas dari jutaan konsumen selama beberapa dekade.
·         Mie instan                                      =  Mi Instan merupakan salah satu produsen mi instan terbesar di dunia dan menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Divisi ini memproduksi dan memasarkan produk mi telur, serta beragam pilihan mi instan dalam berbagai kemasan dan merek, dimana masing-masing mereknya ditujukan untuk segmen pasar yang berbeda.
·         Daily                                  = Dairy dijalankan oleh Indolakto, anak perusahaan tidak langsung ICBP, dan merupakan salah satu produsen produk dairy terkemuka di Indonesia, dengan total kapasitas produksi lebih dari 600 ribu ton per tahun. Divisi ini memproduksi dan memasarkan beragam produk seperti susu kental manis (“SKM”) dan krimer, susu ultrahigh temperature (“UHT”), susu steril dalam botol, susu pasteurisasi, minuman lactic acid, susu bubuk, es krim dan mentega.
·         Makanan ringan                           =Makanan Ringan terdiri dari dua unit usaha, yakni makanan ringan dan biskuit. Unit usaha makanan ringan dijalankan oleh perusahaan patungan dengan Fritolay Netherlands Holding B.V., yang merupakan afiliasi dari PepsiCo, yang memproduksi makanan ringan moderen dan makanan ringan tradisional yang dimodernisasi berbahan dasar kentang, singkong, tempe, ubi ungu dan jagung, serta beragam produk extruded snack.
·         Penyedap makanan                   = Divisi Penyedap Makanan memproduksi berbagai macam produk kuliner, seperti kecap, saus sambal, saus tomat, instant seasoning pastes untuk kebutuhan Grup Indofood. Produk-produk kuliner tersebut dipasarkan dengan berbagai merek, seperti Indofood dan Indofood Racik. Selain itu, Divisi Penyedap Makanan juga memproduksi dan memasarkan produk sirup dengan merek Indofood Freiss, bubur instan dengan merek Buburia, dan makanan ready-to-eat dengan merek Chef Cuisine.
·         Nutrisi & Makanan Khusus      =   Nutrisi & Makanan Khusus merupakan salah satu pemain terkemuka di industri makanan bayi di Indonesia. Divisi ini memproduksi dan memasarkan berbagai makanan khusus dengan kandungan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, balita, anak-anak, serta ibu hamil dan menyusui. Ragam produknya meliputi bubur, biskuit, puding danrice puff untuk bayi dan balita, cereal snackuntuk anak-anak, minuman sereal untuk anak-anak dan keluarga, serta berbagai pilihan produk susu untuk ibu hamil dan menyusui. Produk-produk ini dipasarkan dengan merek Promina, SUN, Govit dan GoWell untuk konsumen dari berbagai segmen pasar.
·         Minuman                                        = Minuman memproduksi beraneka ragam produk termasuk minuman teh dan kopi siap minum, AMDK dan minuman rasa buah, yang dipasarkan dengan menggunakan merek Ichi Ocha, Caféla, Club dan Fruitamin. Divisi Minuman juga menjadi exclusive bottler untuk produk-produk PepsiCo, yaitu minuman berkarbonasi dan minuman energi dengan merek Pepsi dan Sting.
·         Kemasan                                         = Terakhir, Kemasan memproduksi kemasan fleksibel dan kemasan karton guna mendukung kegiatan operasional Grup dan para pelanggan pihak ketiga. Divisi Kemasan memegang peranan penting dalam mendukung seluruh mata rantai kegiatan operasional Indofood sebagai perusahaan Total Food Solutions.

2.       Bogasari
Sebagai produsen tepung terigu terintegrasi terbesar di Indonesia, Bogasari mengoperasikan empat pabrik penggilingan tepung terigu di Jakarta, Surabaya, Cibitung dan Tangerang dengan total kapasitas produksi per tahun sekitar 3,9 juta ton. Berbagai produk tepung terigu dipasarkan dengan merek-merek yang sudah mapan, seperti Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru, dan Lencana Merah, sedangkan produk tepung premix menggunakan merek Chesa. Bogasari juga memproduksi pasta untuk pasar dalam negeri maupun ekspor dengan menggunakan merek La Fonte. 
Kegiatan operasional Bogasari didukung oleh unit perkapalan yang terdiri dari lima kapal post panamax, lima kapal handy/supramax dan dua kapal ultramax untuk mengangkut bahan baku gandum dari Australia, Kanada dan Amerika Serikat. Grup Bogasari juga memproduksi kantong degradable polypropylene untuk mendukung kebutuhan kantong kemasan Bogasari
·         Terigu
·         Pasta

3.       Agribisnis
Grup Agribisnis merupakan salah satu grup agribisnis terbesar yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal di Indonesia. Kegiatan utamanya meliputi seluruh mata rantai pasokan, dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit, hingga produksi serta pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Grup Agribisnis juga melakukan pembudidayaan komoditas tebu, karet dan tanaman lainnya.
4.       Distribusi
Grup Distribusi merupakan aset strategis dan bagian penting dari kegiatan operasional Indofood yang terintegrasi secara vertikal. Jaringan distribusinya yang luas memastikan ketersediaan produk-produk Indofood dan pihak ketiga di seluruh Indonesia. Dengan memiliki sekitar 1.300 distribution/stock point yang berada di lokasi yang padat dengan outlet ritel untuk melayani baik outlet ritel tradisional maupun moderen, Grup Distribusi senantiasa dapat melayani konsumen serta memperoleh informasi perkembangan pasar dengan cepat.
Merek Produk yang ada di perusahaan indofood
·         Mie Instan
v  Indomie
v  Supermie
v  Sarimi
v  Sakura
v  Pop mie
v  Pop bihun
v  Mie telur cap kaki tiga
·         Daily
v  Indomilk
v  Cap enak
v  Tiga sapi
v  Kremer
v  Orchid butter
v  Indoeskrim
v  Milkuat
·         Makanan Ringan
v  Chitato
v  Qtela
v  Jets
v  Cheetos
v  Chiki
v  Lays
v  Doritos
v  Dan lain lain
·         Penyedap Makanan
v  Indofood bumbu racipk
v  Indofood kecap manis
v  Sambal indofood
v  Kecap piring lombok
Dan produk lain nya , Anda bisa cek disini https://www.indofood.com/product/food-seasonings
CONTINUAL SERVICE IMPROVEMENT  
Perusahaan Indofood dalam memasarkan produk mereka adalah concentric Diversfication Strategi. Dengan menambahkan produk yang baru tapi tetap ada saling keterkaitan satu sama lain. Juga strategi menghadapi persaingan dengan perusahaan yang serupa atau yag berbeda, indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Srategi ini fokus pada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. t memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Tapi walaupun begitu mereka telah melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk denganhigher price and higher margin. Selain itu dilakukan diversifikasi harga dengan merubah bentuk dan rasanya.  Selain itu Indofood juga menerapkan strategi Penetrasi Pasar, yaitu berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar. Dalam strategi Indofood telah memperbanyak tenaga penjual, menambah biaya advertising (melalui iklan di Televisi, majalah, dan surat kabar), menawarkan promosi penjualan ekstensif, dan meningkatkan publikasi.
PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTRODUCE MYSELF

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN BRM DAN SLM

Permasalahan Sosial di Indonesia